3 Film Beverly Hills Cop yang Populer dengan Istilah Buddy Cop

tiga film beverly hills cop populer buddy cop
Paramount Pictures

Sinema aksi laga, review tiga film Beverly Hills Cop, aksi laga komedi yang populer dengan istilah ‘Buddy Cop’ secara global.

Film bertemakan buddy cop seperti Lethal Weapon (1987), Bad Boys (1995), Rush Hour (1998) hingga Hot Fuzz (2007) merupakan formula sukses setelah Beverly Hills Cop.

Meski demikian, sebelumnya telah hadir film 48 Hours (1982), yang juga merupakan debut Eddie Murphy di layar lebar, mendampingi Nick Nolte.

Melalui film hasil kreasi duo Daniel Petrie Jr. dan Danilo Bach itulah, formula sukses aksi laga komedi bertemakan
buddy cop seakan menjadi standar bagi sejumlah film berikutnya hingga kini.

Figur polisi bernama Axel Foley tentu saja ikonik beserta tema musik “Axel F” yang dikomposisikan Harold Faltermeyer.

Karena larisnya film Beverly Hills Cop (1984), maka dilanjutkan dua sekuelnya di tahun 1987 dan 1994.

Adapun di tahun 2013, serial televisi-nya pun dibatalkan, padahal episode perdananya telah diproduksi namun tidak pernah ditayangkan.  

Kendati demikian setelah lebih dari dua dekade, rencana produksi Beverly Hills Cop IV akan tetap berlanjut, meski terkadang saya skeptis dengan performa Murphy di film Coming 2 America (2021).

Berikut adalah ulasan singkat tiga film Beverly Hills Cop atau yang hingga kini masih berstatus trilogi, sebagai salah satu yang mempopulerkan secara komersil istilah buddy cop dalam genre aksi laga komedi:

review beverly hills cop axel foley
Paramount Pictures

Beverly Hills Cop (1984)

Axel Foley (Eddie Murphy) seorang polisi Detroit, kedatangan salah satu sahabatnya Mikey yang pernah dipenjara.

Mikey kini bekerja sebagai sekuriti di Beverly Hills, berkat teman mereka yakni Jenny (Lisa Eilbacher).

Setelah mereka bersenang-senang di sebuah bar, dua orang tak dikenal mendatangi kediaman Foley dan menyerang mereka. 

Ia pingsan dipukul oleh mereka, sedangkan Mikey tewas dibunuh.

Demi kematian Mikey, Foley pun memanfaatkan cutinya untuk melakukan penyelidikan tidak resmi tanpa diketahui oleh atasannya

Inspektur Todd (Gilbert R. Hill) menuju Beverly Hills, menemui Jenny yang bekerja di sebuah galeri seni yang dimiliki Victor Maitland (Steven Berkoff).

Kematian Mikey rupanya terkait dengan Victor, namun upaya Foley untuk bertanya langsung tentang Mikey malah mengakibatkan dirinya ditangkap oleh polisi setempat, karena dianggap membuat onar.

Letnan Andrew Bogomil (Ronny Cox) memerintahkan John (John Aston) dan Billy (Judge Reinhold) mengawasi segala aksi Foley.

ulasan beverly hills cop eddie murphy
Paramount Pictures

Foley selalu mengelabui John dan Billy dan bahkan menantang mereka untuk bekerjasama, karena ia yakin akan menemukan bukti terhadap aktivitas kriminal Victor dibalik sejumlah bisnis legalnya.

Beverly Hills Cop merupakan formula sempurna akan perpaduan sajian aksi laga buddy cop ala Eddie Murphy, yang sepenuhnya menghibur audiens tanpa ada unsur poltik identitas.

Figur Foley seperti kebanyakan tipikal dalam film aksi laga polisi dramatis, selalu nekat dan menjadi sosok heroik, yang lebih mengandalkan insting, sehingga jelas menghasilkan sejumlah aksi mengejutkan.

Kepiawaian Murphy dalam mengucapkan dialog yang karirnya menjadi besar sebagai seorang komedian berkat kehandalan sang penulis naskah.

Adapun berbagai gaya yang khas termasuk suara tertawanya, menjadikan figurnya unik sekaligus ikonik.  

Hal yang kontras bisa dirasakan mulai awal cerita bagaimana sepak terjang Foley sebagai seorang polisi di kota Detroit.

Nuansa cenderung keras dengan kriminalitas tinggi, dipertegas dengan seorang atasan Foley yang super galak.

sinopsis beverly hills cop film action buddy cop
Paramount Pictures

Kontras dengan Kesatuan Polisi Beverly Hills, sebuah wilayah premium kelas atas yang cenderung lunak karena relatif aman bagaikan surga dunia.

Adapun duo dinamis yang bertentangan satu-sama lain, John yang serius dan Billy yang santai, semakin memeriahkan kekonyolan. 

Foley pun dengan kecerdikannya, seringkali mengerjai mereka.

Meletakkan buah pisang di knalpot mobil dinas John dan Billy, tingkahnya dalam memanfaatkan situasi dengan mengajak mereka ke sebuah bar striptease, sungguh mengocok perut.

Ada sindiran terhadap gaya budaya populer, diperagakan Foley saat ia mentertawakan dua orang yang mengenakan kostum yang dipakai Michael Jackson dalam klip video "Thriller".

Adegan pertemuan dan dialog kocaknya dengan figur Serge, teramat menggelikan.

Film Beverly Hills Cop adalah sebuah contoh superior dalam mengambil sudut komedi terhadap film aksi laga polisi, sehingga istilah buddy cop menjadi populer.

Score: 4 / 4 stars | Pemain: Eddie Murphy, Judge Reinhold, John Ashton, Lisa Eilbacher, Ronny Cox, Steven Berkoff | Sutradara: Martin Brest | Produser: Don Simpson, Jerry Bruckheimer | Penulis: Danilo Bach, Daniel Petrie Jr. Naskah: Daniel Petrie Jr. | Musik: Harold Feltermeyer | Sinematografi: Bruce Surtees | Distributor: Paramount Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 105 Menit

review-beverly hills cop II sekuel eddie murphy
Paramount Pictures

Beverly Hills Cop II (1987)

Letnan Bogomil (Ronny Cox) dalam perawatan intensif setelah ditembak oleh Karla Fry (Brigitte Nielsen).

Hal itu terkait dengan Maxwell Dent (Jürgen Ponchow) sebagai dalang sejumlah pembunuhan berdasarkan huruf alphabet.

Situasi diperumit dalam politik dan kekuasaan di Kepolisian Beverly Hills saat Bogomil menyelidiki kasus tersebut.

Maka Billy (Judge Reinhold) berinisiatif meminta bantuan FBI, membuat gusar Kepala Polisi Harold Lutz yang menjadi penjilat bagi Walikota Egan.

Akibatnya Billy dan John (John Aston) dimutasi ke bagian lalu-lintas. 

Sementara di Detroit, Foley yang mengetahui Bogart sedang kritis, diam-diam mengelabui atasannya dengan meminta bantuan rekannya, sementara ia berada di Beverly Hills.

Maka sejumlah aksi seru pun dimulai, karena tidak sesederhana itu dari yang mereka duga dalam menghadapi aksi kriminal Dent.

sinopsis alur film beverly hills cop II brigitte nielsen
Paramount Pictures

Setelah menyutradarai film Top Gun (1986), Tony Scott dengan kehandalannya dalam arahan sorot gerak kamera, terasa lebih dinamis dan berwarna melalui seumlah aksi laga yang lebih meriah.

Murphy mengulangi perannya sebagai Foley, seperti juga Judge Reinhold yang kali ini mendapat porsi lebih besar sebagai Billy daripada figur rekannya yakni John. 

Foley memanfaatkan sebuah rumah yang sedang direnovasi dan bertemu dengan mereka, adalah momen terlucunya.   

Sama seperti film sebelumnya seperti Victor yang diperankan aktor Inggris Steven Berkoff, kali ini sang antagonis adalah Maxwell Dent yang diperankan aktor Jerman Jürgen Ponchow.

Sebuah pola yang sama diterapkan dalam Die Hard pertama dan ke-3, serta Lethal Weapon 2 (1989), sebagai film aksi laga tentang polisi nekat.

Kali ini Beverly Hills Cop II menyajikan laga yang lebih meriah, penceritaan yang lebih kompleks, figur yang lebih banyak seperti yang diperankan Brigitte Nielsen maupun peran kecil Paul Reiser.

Score: 4 / 4 stars | Pemain: Eddie Murphy, Judge Reinhold, JÅ«rgen Prochnow, Ronny Cox, John Ashton, Brigitte Nielsen, Allen Garfield, Dean Stockwell, Paul Reiser | Sutradara: Tony Scott | Produser: Don Simpson, Jerry Bruckheimer | Berdasarkan karakter karya Danilo Bach dan Daniel Petrie Jr. Cerita: Eddie Murphy, Robert D. Wachs. Naskah: Larry Ferguson, Warren Skaaren | Musik: Harold Feltermeyer | Sinematografi: Jeffrey L. Kimball | Distributor: Paramount Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 103 Menit

review beverly hills cop III eddie murphy buddy cop
Paramount Pictures

Beverly Hills Cop III (1994)

Upaya aksi penangkapan yang dipmpin Axel (Eddie Murphy) terhadap kawanan pencuri mobil, sesungguhnya telah dibunuh oleh sekelompok kriminal misterius, mengakibatkan tewasnya Inspektur Todd (Gilbert R. Hill).

Pengejaran yang dilakukan Axel pun dicegah oleh agen Secret Service yakni Fullbright (Stephen McHattie) yang sengaja membiarkan mereka bebas, karena agen pemerintah mengendus skema kriminal yang lebih besar akan terjadi.

Axel mendapatkan sejumlah petunjuk dari insiden tersebut yang mengarah kepada sang pemilik taman hiburan di Beverly Hills. 

Ia pun otomatis kembali bereuni dengan Billy (Judge Reinhold) dan rekan barunya Jon (Héctor Elizondo) menggantikan John yang pensiun.

alur sinopsis beverly hills cop III sekuel
Paramount Pictures

Aksi kolaborasi mereka pun kembali terulang dalam mengungkap sebuah misteri kriminal tersebut.

Dengan kualitas jauh di bawah standar, film Beverly Hills Cop III sulit diterima karena level humor dan komedi rendah.

Karakter Foley dengan citra yang lebih mature dan serius, serta figur pengganti yang diperankan John Ashley tidak mengesankan.

Tidak ada lagi kemeriahan laga yang menyenangkan, meski latar belakang di sebuah taman hiburan di babak ke-2, masih layak ditonton karena memorable.

Entah apa yang John Landis arahkan sebagai sutradara di film ini.

Score: 2 / 4 stars | Pemain: Eddie Murphy, Judge Reinhold, Héctor Elizondo, Timothy Carthart, John Saxon, Theresa Randle | Sutradara: John Landis | Produser: Mace Neufeld, Robert Rehme | Berdasarkan karakter karya Danilo Bach dan Daniel Petrie Jr. Cerita: Stephen E. de Souza | Musik: Nile Rodgers | Sinematografi: Marc Ahlberg | Distributor: Paramount Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 104 menit

Itulah sinema aksi laga, review tiga film Beverly Hills Cop, aksi laga komedi yang mempopulerkan istilah ‘Buddy Cop’ secara global.

Comments