Review The Bikeriders: Pandangan Klub Motor Vandals dari Seorang Wanita

the bikeriders pandangan klub motor vandals seorang wanita
Focus Features, Universal Pictures

Sinema crime drama review The Bikeriders, sebuah pandangan klub motor Vandals dari seorang wanita.

The Bikeriders adalah film tentang klub moge alias motor besar yaitu Vandals, namun dari pandangan seorang wanita.

Pandangan wanita yang dimaksud yaitu figur Kathy Bauer yang diperankan Jodie Comer, salah satu istri anggota Vandals yang diperankan Austin Butler.

Baca juga: The Wild One (1953): Perintis Film Geng Motor Jalanan

Film The Bikeriders terinspirasi dari sebuah buku foto karya Danny Lyon, kemudian sineas Jeff Nichols menuliskan naskah nya.

Klub motor Vandals sendiri adalah fiktif, namun melalui The Bikeriders menghidupkan kembali film tipikal yang hilang belakangan ini.

The Bikeriders mengisahkan tahun 1970'an saat seorang jurnalis dan fotografer yaitu Danny Lyon (Mike Faist) melakukan wawancara dengan Kathy (Jodie Comer).

Kathy pun mengisahkan kembali pertemuan pertama pada tahun 1960'an dengan Benny (Austin Butler) di sebuah klub malam markas dari Vandals dengan sang pemimpin yaitu Johnny (Tom Hardy).

pandangan jodie comer tentang klub motor vandals the bikeriders
Focus Features, Universal Pictures

Tak lama berselang keduanya menikah, dan terkadang Vandals suka mengadakan acara bersama keluarga seluruh anggota. 

Dikisahkan pula awal berdirinya Vandals oleh Johnny, sehingga terbentuk klub motor Vandal bersama Cal, Brucie, Wahoo, Cockroach, Corky, serta Zipko.

Mereka adalah anggota senior saat Vandals dimulai, namun sosok Benny merupakan tipe pejuang bagi Vandals yang disegani para lawan.

Johnny yang menolak Vandals membuka cabang di kota lain, suatu saat menawarkan kepada Benny untuk menggantikan dirinya sebagai pemimpin.

Apa yang terjadi selanjutnya adalah sejumlah hal tak terkontrol dalam Vandals yang semakin besar, cabang dan anggota baru, serta rencana Johnny untuk pensiun.

Drama dua jam film The Bikeriders merupakan saga kecil yang solid dan impresif dari pandangan wanita bernama Kathy.

Narasi yang dibangun dan dikembangkan Jeff Nichols terkesan sederhana, namun sarat terhadap karakter kuat diantara tiga figur utama.

Semua itu karena pandangan wanita dalam hal ini, Kathy terhadap klub motor Vandals yang semula ia benci saat memasuki sebuah klub malam.

Era pertengahan 1960'an saat itu sedang memasuki "counter-culture" dan politik suram di Amerika.

review ulasan film the bikeriders klub geng motor vandals
Focus Features, Universal Pictures

Jiwa pemberontak seorang Kathy terpesona dengan citra "Bad Boy" Benny dengan karisma dan penampilan.

Isu utama dari pandangan Kathy yaitu Benny sendiri, seorang figur dengan karakter jiwa bebas yang tidak bisa dimiliki.

Argumen diantara dirinya dengan Johnny saat ia ingin agar Benny keluar dari Vandals sepertinya percuma.

Johnny pun berada dalam dilema saat dirinya hendak pensiun dari Vandals dengan ekspektasi besar terhadap Benny, sepertinya sulit terwujud.

Performa Jodie Comer, Austin Butler, serta Tom Hardy sama kuat, namun nama terakhir yang terkesan lebih dominan dalam karakter yang sulit diprediksi.

Sementara figur Zipko yang diperankan Michael Sannon melalui dialog nya dan figur Cockroach melalui gaya santai, menyita perhatian. 

The Bikeriders boleh dibilang sebagai potongan saga perjalanan lengkap klub motor Vandals yang asyik diikuti, melalui drama yang cenderung realistis. 

Aspek nostalgia era menjelang akhir 1960'an hingga awal 1970'an ciri khas Amerika sangat terasa atmosfir nya.

sinopsis alur the bikeriders austin butler tom hardy
Focus Features, Universal Pictures

Set desain dan lingkungan dari sudut kota dan seputar klub atau bar, serta visual melalui warna vivid, sangat mendukung jalan cerita The Bikeriders.

Bagi yang mengharapkan film ini adalah aksi laga, kamu salah besar, karena banyak dijejali dialog meski jauh dari kata "membosankan".

Film The Bikeriders juga hadirkan berbagai rasa yang membuat emosi, intensitas, tragedi, kepahitan, serta selingan humor di dalam nya.

Semua itu mampu disajikan dalam gaya yang pas dan berimbang, sebagaimana dikisahkan oleh Kathy dalam pandangan seorang wanita yang mengikuti saga kecil Vandals.

The Bikeriders memang film langka yang sulit ditemukan dalam Hollywood modern dan polemik sosial Dunia Barat yang sedang bergejolak.

Film ini memang menjadi rekomendasi bermakna tentang apa arti seorang pemotor jalanan, tanpa harus dijelaskan melalui dialog.

Itulah sinema crime drama review The Bikeriders, sebuah pandangan klub motor Vandals dari seorang wanita.

Score: 4 / 4 stars

The Bikeriders | 2023 | Crime, Drama | Pemain: Jodie Comer, Austin Butler, Tom Hardy, Michael Shannon, Mike Faist, Norman Reedus | Sutradara: Jeff Nichols | Produser: Sarah Green, Brian Kavanaugh-Jones, Arnon Milchan | Penulis: Jeff Nichols | Musik: David Wingo | Sinematografi: Adam Stone | Penyunting: Julie Monroe | Distributor: Focus Features (Amerika Utara), Universal Pictures (Internasional) | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 116 menit

Comments