Review Beverly Hills Cop: Axel F, Kualitas Komedi Turun tapi Tetap Seru

beverly hills cop axel f kualitas komedi turun aksi seru
Netflix

Sinema aksi laga komedi review Beverly Hills Cop: Axel F, sekuel dengan kualitas komedi turun tapi tetap seru.

Kini sekuel terbaru yaitu Beverly Hills Cop: Axel F telah rilis meskipun kualitas komedi turun, tapi tetap seru dalam cerita dan aksi laga.

Tayang di jaringan Netflix, Axel Foley kembali dalam nostalgia Beverly Hills Cop: Axel F, sejak terakhir rilis tahun 1994.

Film Beverly Hills Cop adalah aksi laga komedi melalui figur ikonik Axel Foley sekaligus meluncurkan karir Eddie Murphy sebagai superstar.

Baca juga: 3 Film Beverly Hills Cop yang Populer dengan Istilah Buddy Cop

Film tersebut meledak diikuti sekuel nya tahun 1987 yang juga sukses secara finansial, serta sekuel terakhir rilis tiga puluh tahun yang lalu.

Kini dalam 40 tahun, Beverly Hills Cop: Axel F kembali sebagai sekuel terbaru sejak film perdana lengkap dengan para aktor pendukung.

Sayang sekali, sekuel sekelas Beverly Hills Cop: Axel F tidak rilis di bioskop melainkan dalam jaringan Netflix.

Beverly Hills Cop: Axel F mengisahkan polisi detektif Detroit, Axel Foley (Eddie Murphy) kembali ke Beverly Hills.

review beverly hills cop axel f axel foley janes saunders
Netflix

Kedatangan Axel berkenaan dengan nyawa sang putri, pengacara Jane (Taylour Paige) yang tinggal di Beverly Hills terancam karena membela seorang saksi kunci terhadap kelompok kartel.

Axel diberitahukan hal tersebut oleh Billy (Judge Reinhold) yang kini jadi detektif swasta dalam penyelidikan sama.

Axel pun mencari keberadaan Billy dan ia tidak mengetahui bahwa Billy telah disandera kelompok kartel.

Hubungan Axel dengan Jane memang buruk karena masa lalu keluarga, sementara Bobby (Joseph Gordon-Lewitt) dari kepolisian Beverly Hills dibawah kepemimpinan Taggart (John Ashton) sedang menangani kasus tersebut.

Sebagai sekuel rasa nostalgia, Beverly Hills Cop: Axel F menggunakan formula sama terutama dari dua film pertama.

Premis film ini terkesan rumit melalui alur cerita, namun sesungguhnya mudah dicerna dan bahkan ditebak hasil akhir nya.

Sebagaimana gaya film modern jaman sekarang terutama aksi laga dan komedi, elemen humor dan aksi komedi itu sendiri jelas turun kualitas.

Terasa bahwa kualitas komedi sekuel ini sama seperti Beverly Hills Cop III (1994), selain faktor usia aktor Eddie Murphy yang memiliki pengaruh signifikan.

Baca juga: Coming to America (1988): Petualangan Sang Pangeran Menemukan Wanita Ideal

Banyak hal terulang, baik dari adegan maupun dialog dan juga improvisasi yang dilakukan Eddie Murphy selaku Axel Foley, meski memang tetap menarik.

sinopsis alur cerita beverly hills cop axel f eddie murphy
Netflix

Menggunakan template dari film perdana adegan pembuka, bahkan adegan saat Billy tertangkap mengingatkan saya akan film Beverly Hills Cop II (1987) terhadap figur Kapten Bogomil yang diperankan Ronny Cox.

Sedangkan dalam pertengahan cerita, Axel yang nekat memasuki sebuah klub elit, juga mengulangi hal sama. 

Figur Jeffrey yang diperankan Paul Reiser masih tetap sama dan kini jadi Wakil Kepala Kepolisian Detroit, dengan ruang kerja yang sama pernah digunakan Inspektur Todd dalam dua film pertama.

Gedung Kepolisian Beverly Hills juga masih sama, kini giliran John Taggart menjadi Kepala Departemen dengan temperamen yang sama.

Aktor Bronson Pinchot kembali berperan sebagai figur eksentrik Serge, sedangkan bintang tamu kali ini ada Kevin Bacon sebagai Kapten Polisi Beverly Hills.

Beverly Hills Cop: Axel F memang tidak sebaik dua film pertama nya, namun lebih baik daripada film ketiga.

Selain aspek nostalgia dan servis penggemar, Beverly Hills Cop: Axel F tetap hadirkan sejumlah aksi laga dan cerita seru.

Baca juga: Coming 2 America (2021): Putra Pewaris Tahta Zamunda

Adegan komedi paling lucu mengundang tawa yaitu dalam laga perdana Axel di Beverly Hills saat dikejar kelompok kartel dengan merebut mobil kecil Dinas Perhubungan.

ulasan film beverly hills cop axel f kevin bacon
Netflix

Trio figur Axel-Jane-Bobby menjadi fokus utama dalam alur cerita film upaya investigasi dan aksi seru mereka.

Puncak aksi seru yaitu aksi mengendarai helikopter, mengendarai truk besar, hingga baku tembak final di sebuah rumah megah.

Improvisasi dialog termasuk humor dari Eddie Murphy yang mampu menolong sekuel ini tetap jadi komedi segar meski tidak sebaik dua film pertama.

Namanya juga sekuel nostalgia, chemistry kuat masih cukup impresif diantara figur Axel Foley, Billy Rosewood, serta John Taggart.

Hanya saja ikatan emosional hubungan ayah dan anak diantara Axel dengan Jane disajikan kurang emosional.

Beverly Hills Cop: Axel F adalah sekuel terbaru dan tetap pantas untuk dinikmati sebagai aksi seru, meski elemen komedi nya turun.

Memang sulit menemukan film komedi sungguhan di jaman sekarang ini, berkenaan dengan gejolak sosial generasi baru, atau memang beda selera.    

Demikian sinema aksi laga komedi review Beverly Hills Cop: Axel F, sekuel dengan kualitas komedi turun tapi tetap seru.

Score: 3 / 4 stars

Beverly Hills Cop: Axel F | 2024 | Aksi Laga, Komedi | Pemain: Eddie Murphy, Joseph Gordon-Levitt, Taylour Paige, Judge Reinhold, John Ashton, Paul Reiser, Bronson Pinchot, Kevin Bacon | Sutradara: Mark Molloy | Produser: Jerry Bruckheimer, Eddie Murphy, Chad Oman | Penulis: Berdasarkan karakter karya Danilo Bach dan Daniel Petrie Jr. Pengembangan cerita: Will Beall. Naskah: Will Beall, Tom Gormican, Kevin Etten | Musik: Lorne Balfe | Sinematografi: Eduard Grau | Penyunting: Dan Lebental | Distributor: Netflix | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 115 menit

Comments