Review Unsung Hero: Insiprasi Nyata Keluarga Promotor Australia Adu Nasib di Amerika

review ulasan unsung hero inspirasi kisah nyata keluarga promotor australia ke amerika
Lionsgate

Sinema drama review Unsung Hero, kisah insiprasi nyata keluarga promotor dari Australia adu nasib di Amerika.

Sang promotor sukses di Australia nekat boyong keluarga ke Amerika, berdsarkan inspirasi nyata dalam drama Unsung Hero.

Tidak banyak yang tahu, bahwa latar belakang Rebecca St. James seorang penyanyi genre khusus Pop Kristen jadi inspirasi nyata film drama Unsung Hero

Nama asli Rebecca St. James adalah Rebecca Smallbone, anak tertua dari Keluarga Smallbone imigran asal Australia yang pindah dan menetap di Amerika.

Begitu pula dengan grup duo For King & Country adalah kedua adik Rebecca, yaitu Luke dan Joel Smallbone yang terlibat langsung dalam film ini.

Unsung Hero adalah versi drama fiktif dari kisah nyata perjalanan dan perjuangan Keluarga Smallbone adu nasib di Amerika dari Australia.

Sang kepala keluarga, David Smallbone diperankan putra tertua alias adik kandung Rebecca, yaitu Joel Smallbone selain sebagai salah satu penulis film.

Adik mereka, yaitu Luke Smallbone menjadi salah satu produser Unsung Hero yang dirilis Lionsgate.

alur sinopsis film unsung hero perjuangan keluarga smallbone
Lionsgate

Film Unsung Hero secara mengejutkan, mendapatkan sukses finansial hampir empat kali lipat dari bujet, dan sukses disambut positif audiens.

Unsung Hero mengawali cerita pada tahun 1991 saat David Smallbone (Joel Smallbone) adalah promotor sukses di Australia.

Istri David yaitu Helen (Daisy Betts) melahirkan keenam anak mereka dan tinggal di sebuah rumah besar.

Suatu hari tepat di hari ulang tahun, David mengalami salah perhitungan bisnis saat mendatangkan penyanyi Amy Grant ke Australia karena sepi penonton.

Alhasil, David mendapatkan kerugian dalam jumlah besar, tapi sebelumnya David telah dijanjikan pemegang label artis, Eddie DeGarmo (Jonathan Jackson) untuk kerjasama proyek di Amerika.

Karena kesulitan keuangan, rumah Keluarga Smallbone terpaksa dijual untuk menutupi kerugian, dan mereka nekat dan adu nasib ke Amerika dengan harapan proyek David bersama DeGarmo.

Namun apa daya, ternyata DeGarmo membatalkan proyek kerjasama tersebut setelah mengetahui kegagalan David sebelumnya.

Nasi telah menjadi bubur, dengan segala kekurangan finansial, Keluarga Smallbone harus berjuang bertahan hidup di Amerika.

David sendiri berada dalam pergumulan dan tekanan besar, baik secara karir, tanggung jawab keluarga, hingga hubungan dengan kedua orangtua nya di Australia.

film unsung hero inspirasi helen smallbone pahlawan tanpa lagu
Lionsgate

Lain halnya, dengan sang istri, yaitu Helen yang memiliki ketabahan dan hikmat terhadap David dan keenam anak mereka.

Dalam perjalanan perjuangan mereka, Rebecca Smallbone (Kirrilee Berger) memiliki talenta sebagai penyanyi, tapi alami banyak rintangan.

Hingga akhirnya Rebecca berhasil menggapai impian dengan menggunakan nama panggung sebagai Rebbeca St. James, seluruh anggota keluarga selalu mendukung dengan nyata.

Joel dan Luke awal mula membantu setiap konser dalam tur Rebecca dalam urusan tata panggung dan peralatan, hingga mereka akhirnya bisa wujudkan grup For King & Country.

Dari semua perjalanan Keluarga Smallbone, figur Helen adalah pahlawan sesungguhnya yang mampu menyalakan cahaya terang demi keutuhan keluarga.

Unsung Hero merupakan dramatisasi valid inspirasi kisah nyata perjuangan Keluarga Smallbone dalam dunia musik.

Validasi drama emosional dan menyentuh film ini karena Joel dan Luke Smallbone yang terlibat langsung dalam proses produksi.

Ada sejumlah perbedaan narasi Unsung Hero dengan kisah nyata, diantaranya mengenai konser Amy Grant di Australia, serta karir Rebecca Smallbone.

Alur cerita film ini dalam pengaturan kronologis berbagai peristiwa saat Keluarga Smallbone migrasi ke Amerika berbeda dengan kisah nyata.

review film unsung hero david dan helen smallbone
Lionsgate

Banyak sekali adegan dan dialog menyentuh hadir dalam Unsung Hero, hinnga hati saya tergerak, mulai dari miris, pahit, namun sesekali bergembira diselingi senyum lebar.

Memang benar, narasi film ini memiliki dasar dari perspektif dan iman Kristen, melalui potret Keluarga Smallbone dengan nilai tradisi konservatif.

Meski demikian, pesan moral dan kebajikan dalam film Unsung Hero bersifat universal, bagaimana kepahitan yang dialami Keluarga Smallbone.

Figur David Smallbone merasa bersalah kepada dirinya sendiri maupun istri dan anak, menganggap telah salah langkah dan membuat mereka sengsara.

Justru sang istri, Helen Smallbone dengan setia dan penuh hikmat, tak kenal lelah menuntun David kepada pembelajaran hidup, sambil terus mengayomi semua anak mereka.

Hal paling gila dalam cerita film ini, bahkan Helen tengah dalam keadaan hamil!

Dari semua rangkaian peristiwa yang mereka alami hingga menjelang akhir cerita, saya baru sadar bahwa sosok Helen Smallbone pantas menjadi "Unsung Hero".

Begitu pula perjalanan karir terjal yang dialami Rebecca Smallbone, sangat terasa terhadap sejumlah kegagalan dalam proses, sebelum akhirnya mampu melewati rintangan.

film unsung hero karir penyanyi rebecca st james
Lionsgate

Sosok Rebecca Smallbone dalam film ini juga digambarkan sebagai peran pendukung bagi sang ibu terhadap semua adik nya.

Diluar dugaan, performa Joel Smallbone dengan meyakinkan berperan sebagai sosok ayah kandung nya, David Smallbone.

Aktris asal Australia, Daisy Betts adalah yang terbaik dalam Unsung Hero sebagai Helen Smallbone, melalui energi besar dan aura kuat.

Dalam adegan awal film ini juga tampak figur rock band Stryper sedang manggung dalam setting waktu akhir 1980'an di Australia.

Film Unsung Hero itu non-Hollywood dan ANTI WOKE melalui distributor kerjasama Kanada dan Amerika, yaitu Lionsgate.

Unsung Hero adalah drama keluarga inspirasi kisah nyata yang terbaik tahun 2024 ini, sangat direkomendasikna bagi kamu yang menyukai genre sejenis.

Itulah sinema drama review Unsung Hero, kisah insiprasi nyata keluarga promotor dari Australia adu nasib di Amerika.

Score: 4 / 4 stars

Unsung Hero | 2024 | Drama, Musikal | Pemain: Daisy Betts, Joel Smallbone, Kirrile Berger, Jonathan Jackson, Lucas Black, Candace Cameron Bure, Terry O'Quinn | Sutradara: Richard Ramsey, Joel Smallbone | Produser: Josh Walsh, Luke Smallbone, Justin Tolley, Joel Smallbone | Penulis: Inspirasi kisah nyata Keluarga Smallbone oleh Richard Ramsey dan Joel Smallbone | Musik: Parker Adams | Sinematografi: Johnny Derango | Penyunting: Parker Adams | Distributor: Lionsgate | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 113 menit

Comments