Review The Substance: Ingkar Diri terhadap Penuaan Berujung Petaka

review the substance ingkar diri penuaan berujung petaka
Mubi

Sinema horor thriller review The Substance, tentang petaka akibat ingkar diri terhadap penuaan.

Apa jadinya akibat ingkar diri terhadap penuaan akan berujung petaka seperti dalam film The Substance.

The Substance adalah film horor thriller produksi gabungan Perancis, Amerika Serikat, dan Inggris Raya karya sineas Coralie Fargeat.

Film ini telah tayang di Festival Film Cannes ke-77 pada bulan Mei 2024 lalu, serta disambut positif kritikus dan audiens.

Coralie Fargeat adalah sutradara wanita asal Perancis yang dikenal melalui film Revenge (2017).

The Substance menandakan kembalinya aktris senior Demi Moore yang populer pada era 1980'an dan awal 1990'an, termasuk dalam generasi "Brat Pack".

Selain Demi Moore, aktor senior Dennis Quaid turut mendukung dalam film ini, juga ada Margaret Qualley aktris muda yang sedang naik daun.

The Substance mengisahkan seorang selebriti Elisabeth Sparkle (Demi Moore) berusia paruh baya dalam masa krisis terhadap penuaan dan karir yang terancam.

Sang agen bernama Harvey (Dennis Quaid) hendak menggantikan Elisabeth dengan sosok yang jauh lebih muda dan menarik.

review the substance margaret qualley versi muda sue
Mubi

Elisabeth sedang dalam masa pergumulan dan depresi, hingga terjadi kecelakaan lalu lintas saat terkejut melihat billboard dirinya diturunkan. 

Untung saja Elisabeth hanya menderita luka ringan, namun seorang asisten dokter menyelipkan sebuah unit USB ke dalam saku jubah nya.

Elisabeth yang kemudian menyadari hal tersebut, mendapatkan pesan yang disematkan pada USB tersebut, lalu menyaksikan video produk "The Substance".

Meski awalnya ia tidak tertarik, namun Elisabeth tergoda untuk menjadi pelanggan produk berupa serum tersebut, karena ia ingkar terhadap penuaan dirinya.

Elisabeth menghubungi nomor yang tertera pada unit USB itu, dan ia diarahkan pergi ke suatu tempat berupa loker sesuai nomor yang ia dapatkan.

Ia mendapatkan paket berisikan sejumlah produk dan peralatan, serta rangkaian pesan penting berupa petunjuk dan syarat menggunakan serum "The Substance".

Saat Elisabeth menyuntikan diri serum tersebut, tak lama kemudian timbul reaksi dan muncul versi diri berusia muda dari dalam tubuh nya.

Wanita tersebut menamakan dirinya Sue (Margaret Qualley), yang tak lain adalah versi muda Elisabeth yang jauh lebih cantik serta menarik.

ulasan film horor the substance demi moore performa terbaik
Mubi

Sementara tubuh asli Elisabeth yang tak bernyawa tergeletak di lantai dan harus diberikan cairan. 

Sue kemudian mengikuti audisi sebagai calon bintang untuk menggantikan Elisabeth, akhirnya berhasil sekaligus membuat Harvey terpesona dengan dirinya.

Syarat "The Substance" yang harus dipatuhi Elisabeth yaitu transfer dua tubuh berbeda selama tujuh hari.

Apa yang terjadi kemudian, terdapat konflik diantara dua kepribadian yang mengarah kepada petaka akibat ingkar terhadap penuaan.

The Substance adalah contoh thriller terbaik dalam sub genre body horror modern untuk satir tema ingkar diri terhadap penuaan.

Selama hampir 2,5 jam durasi film, The Substance secara perlahan berhasil membangun transisi pengembangan karakter.

Masa krisis yang dialami sang figur sentral, yaitu Elisabeth Sparkle, begitu mengena melalui visual cerah penuh warna, namun atmosfir kelam sangat kuat.

Mungkin ini ciri khas film indie yang membangkitkan kembali suasana nostalgia ala 1980'an terhadap karakter figur Elisabeth sesuai usia paruh baya.

Scoring dengan dominasi alat synthesizer dari Raffertie, memberikan pengaruh kuat akan tensi dan kengerian mendebarkan.

sinopsis alur the substance body horror penuaan diri
Mubi

Visual dan sound akan glamoritas Hollywood dalam film ini sangat terasa perbedaan kontras antara suasana kelam dalam diri Elisabeth dengan suasana bahagia dalam diri Sue.

Tema tentang penuaan alami selebriti wanita seperti Elisabeth, sangat mengganggu bagi dirinya sendiri, terkait karir yang menuntut kecantikan dan keindahan fisik.

Film The Substance sekilas mengingatkan saya akan film Michael Crichton, yaitu Looker (1981) tentang hilang nya sejumlah selebriti wanita yang menjalani operasi plastik.

Elisabeth pun akhirnya takluk terhadap godaan kuat serum misterius "The Substance" dengan warna hijau terang, tipikal film Re-Animator (1985) atau pun Prince of Darkness (1987).

Menarik namun mudah ditebak arah alur cerita nya, bahwa karakter figur diri Elisabeth dalam tubuh Sue perlahan menjadi tamak dan ambisius karena tubuh muda dan menarik.  

Saat keduanya secara bergantian aktif, mulai ada konflik perlawanan satu sama lain, meski Elisabeth versi tua tak kuasa tahan godaan untuk kembali kepada Sue.

Hal yang janggal dan sulit saya pahami yaitu dalam babak ketiga, yaitu peristiwa setelah keputusan final Elisabeth untuk memusnahkan Sue.

Beberapa adegan transformasi bertahap yang terjadi pada Elisabeth dan "Sue", sepertinya tribut terhadap karya David Cronenberg yaitu Videodrome (1983) dan  The Fly (1986).

Efek praktis mutasi fisik dalam The Substance juga sangat mengesankan sebagai body horror modern seperti halnya Slither (2006) atau pun Tusk (2014).

Sineas Coralie Fargeat ternyata sanggup untuk eksekusi narasi brilian yang ia tulis, dengan tema ingkar diri terhadap penuaan berujung petaka dalam The Substance.

review the substance dennis quaid creepy harvey
Mubi

Melalui The Substance inilah titik balik Demi Moore terbaik, sebagai aktor senior yang tenggelam pamor nya.

Performa terbaik Demi Moore tersebut mampu diimbangi aktor muda Margaret Qualley melalui energi besar sebagai Sue.

Penampilan Dennis Quaid sebagai Harvey yang creepy, menambah warna akan cerita horor satir ala David Lynch.

Nama "Harvey" sendiri bisa kita duga sebagai satir terhadap figur nyata Harvey Weinstein.

The Substance juga menyelipkan elemen komedi hitam dalam beberapa adegan, terutama saat tetangga Elisabeth begitu terkejut dalam satu peristiwa yang membuat saya tertawa keras!

Film The Substance adalah salah satu horor terbaik 2024, sebuah sub genre langka, terutama mengenai isu yang kuat tentang krisis penuaan diri.

Bagi kamu yang tidak suka dengan body horror atau splatter berdarah, lebih baik skip film ini.

The Substance membangkitkan kembali film yang pernah berjaya dalam era 1980'an, saat perfilman mainstream terkini sedang terpuruk. 

Itulah sinema horor thriller review The Substance, akibat ingkar diri terhadap penuaan berujung petaka.

Score: 3.5 / 4 stars

The Substance | 2024 | Horor, Thriller, Splatter | Pemain: Demi Moore, Margaret Qualley, Dennis Quaid, Edward Hamilton, Gore Abrams, Oscar Lesage, Hugo Diego Garcia, Joseph Balderrama | Sutradara: Coralie Fargeat | Produser: Coralie Fargeat, Tim Bevan, Eric Fellner | Penulis: Coralie Fargeat | Musik: Raffertie | Sinematografi: Benjamin Kracun | Peyunting: Coralie Fargeat, Jérôme Eltabet, Valentin Feron | Distributor: Mubi (Amerika Serikat, Inggris Raya), Metropolitan Filmexport (Perancis) | Negara: Perancis, Amerika Serikat, Inggris Raya | Durasi: 141 menit

Comments